Tugas no.1 KAP Jelaskan Analisa SWOT
Nama : Fernando D.Y. Malingkas
Nim : 14021106073
Tugas : Kecakapan Antar Personal
Nim : 14021106073
Tugas : Kecakapan Antar Personal
Analisa
SWOT
I.
Pengertian
Analisa swot merupakan sebuah bentuk Analisa
situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran).
Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor
masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu
hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa
SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk
menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib
yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.
Setiap perusahaan pasti melakukan perencanaan strategis pada titik
tertentu dan harus menilai kekuatan serta kelemahannya. Analisis SWOT
memberikan informasi yang bermanfaat untuk mencocokkan sumber daya dan
kemampuan dengan lingkungan kompetitif di mana organisasi beroperasi. Model ini
dapat digunakan sebagai alat untuk merancang dan memilih strategi, dan dapat
diaplikasikan dalam situasi pengambilan keputusan, asalkan tujuan yang
diinginkan sudah didefiniskan dengan jelas.
Langkah pertama
dalam melakukan analisis SWOT adalah untuk mengidentifikasi kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman yang dialami perusahaan. Pengamatan lingkungan
internal dan eksternal merupakan bagian penting dari proses.
·
Strenght (S)
Analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi
yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.
Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau
organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan
para pesaingnya. yang dimaksud dengan faktor-faktor kekuatan yang dimiliki oleh
perusahaan termasuk satuan-satuan bisnis di dalamnya adalah antara lain
kompetensi khusus yang terdapat dalam organisasi yang berakibat pada kemilikan
keunggulan komparatif oleh unit usaha di pasaran. Dikatakan demikian karena
satuan bisnis memiliki sumber, ketrampilan, produk andalan dan sebagainya yang
membuatnya lebih kuat dari para pesaing dalam memuaskan kebutuhan pasar yang
sudah direncanakan akan dilayani oleh satuan usaha yang bersangkutan.
Contoh-contoh bidang keunggulan itu antara lain kekuatan pada sumber keuangan,
citra positif, keunggulan kedudukan di pasar, hubungan dengan pemasok,
loyalitas pengguna dan kepercayaan berbagai pihak yang berkepentingan.
Contoh
: 1. Jumlah anggota yang lebih dari cukup (kuantitatif)
2. Berpengalaman dalam beberapa kegiatan
(kualitatif)
·
Weaknesses (W)
Yaitu analisi kelemahan, situasi
ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan
pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan
ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu
perusahaan atau organisasi.
Contoh
: 1. Kurang terbinanya komunikasi antar anggota
2. Jaringan
yang telah terbangun tidak dimaksimalkan oleh seluruh anggota.
·
Opportunity (O)
Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi
yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan
peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari
peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi
bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
Contoh : 1. Masyarakat
sedang menyukai tentang hal-hal yang bersifat reboisasi lingkungan
2. Isu yang
sedang diangkat merupakan isu yang sedang menjadi topic utama.
·
Threats (T)
Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis
tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun
organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak
menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan
kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi
penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa
yang akan datang.
Contoh
: 1. Masyarakat sudah jenuh dengan pilkada
2. Isu agama yang berupa ritual telah
membuat masyarakat bosan.
Analisis SWOT merupakan instrument yang ampuh dalam
melakukan analisis strategi, keampuhan tersebut terletak pada kemampuan para
penentu strategi perusahaan untuk memaksimalkan peranan faktor kekuatan dan
kemanfaatan peluang sehingga sekaligus berperan sebagai alat untuk minimalisasi
kelemahan yang ada dalam tubuh organisasi dan menekan dampak ancaman yang
timbul dan harus dihadapi. Jika para penentu strategi perusahaan mampu melakukan
kedua hal tersebut dengan tepat, biasanya upaya untuk memilih dan menentukan
strategi yang efektif.
Penting pula untuk menyadari bahwa berbagai faktor
kekuatan dan kelemahan yang sifatnya kritikal berperan sangat penting dalam
membatasi usaha pencarian berbagai alternatif dan pilihan stratejik untuk
digunakan. Dengan perkataan lain, dengan analisis SWOT kompetensi khusus yang
dimiliki dan kelemahan yan menonjol dapat dinilai dan dikaitkan dengan berbagai
faktor penentu keberhasilan suatu usaha.
Pengalaman banyak perusahaan menunjukkan bahwa
analisis SWOT dapat diterapkan dalam paling sedikit tiga bentuk untuk membuat
keputusan sifatnya strategik pula.
1. analisis SWOT memungkinkan para pengambil keputusan
kunci dalam suatu perusahaan menggunakan kerangka berfikir yang logis dalam
pembahasan yang mereka lakukan yang menyangkut situasi dalam mana organisasi
berada, identifikasi dan analisis berbagai alternatif yang layak untuk
dipertimbangkan dan akhirnya menjatuhkan pilihan pada alternatif yang
diperkirakan paling ampuh.
2. penerapan kedua dari analisis SWOT adalah dengan
pembandingan secara sistematik antara peluang dan ancaman eksternal disatu
pihak dan kekuatan dan kelemahan internal di lain pihak. Maksud utama penerapan
pendekatan ini ialah untuk mengidentifiasikan dan mengenali satu dari tempat
pola yang bersifat khas dalam keselarasan situasi internal dan eksternal yang
dihadapi oleh satuan bisnis yang bersangkutan.
3. setiap orang yang sudah memahami dan pernah menggunkan analisis SWOT
pasti menyadari bahwa tantangan utama dalam penerapan analisis SWOT terletak
pada identifikasi dari posisi sebernarnya dari suatu satuan bisnis. Dikatakan
demikian karena tidak mustahil suatu satuan bisnis yang menghadapi berbagai
peluang juga harus berupaya menghilangkan berbagai ancaman.
Mungkin pula terjadi bahwa satuan bisnis mempunyai
berbagai kelemahan, tetapi juga berbagai faktor kekuatan dalam menghadapi
pesaing. Karena itu penting untuk menyadari nilai analisis SWOT tidak terletak
hanya pada penempatan satuan bisnis pada sel tertentu akan tetapi memungkinkan
para penentu strategi perusahaan untuk melihat posisi satuan bisnis yang sedang
diteliti tersebut secara menyeluruh disoroti khusus dari sudut produk yang
dihasilkan dan pasar yang dilayani.
Dari sekian banyak pertanyaan yang dapat dijawab
dengan penerapan analisis SWOT, pertanyaan utama yang menjadi fokus perhatian
penggunaanya ditunjukkan pada penemuan jawaban terhadap satu pertanyaan
mendasar, yaitu: karena sasaran akhir analisis SWOT adalah penetuan strategi
dasar, apa sesungguhnya maksud utama strategi dasar tersebut? Dinyatakan dengan
cara lain, hasil analisis SWOT harus merupakan masukan bagi teknik penilaian
strategi dasar tertentu.
II.
Langkah-Langka Analisis SWOT
Untuk mengalalisa SWOT para manajer menggunakan Empat Langkah Strategi. Empat strategi
itu meliputi :
·
Strategi SO
(Strengths-Opportunities) adalah strategi yang digunakan perusahaan dengan
memanfaatkan atau mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan
berbagai peluang.
·
strategi WO (Weaknesses-Opportunities)
adalah strategi yang digunakan dengan seoptimal mungkin meminimalisir kelemahan
yang ada untuk memanfaatkan berbagai peluang.
·
ST (Strengths-Threats) adalah
strategi yang digunakan perusahaan dengan memanfaatkan atau mengoptimalkan kekuatan
untuk mengurangi berbagai ancaman.
·
strategi WT
(Weaknesses-Threats) adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi kelemahan
dalam rangka meminimalisir atau menghindari ancaman.
III.
Manfaat SWOT
Metode analisis SWOT merupakan alat yang
tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, dimana
aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan
dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi
kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan
(strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman
(threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru. Dengan saling
berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan
kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan
atau melengkapi pemahaman tentang analisis SWOT, maka saya akan memberikan
bagaimana contoh analisis SWOT suatu perusahaan.
IV.
Kesimpulan
Setelah menganalisis semua faktor, langkah selanjutnya
adalah bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi kelemahan
(weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan menangkal semua ancaman
(threats) yang datang. Semoga penjelasan contoh analisis SWOT diatas dapat
memberikan gambaran mengenai analisis SWOT secara keseluruhan.
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar